12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang

Teripang yang memiliki nama lain Stichopus Japonicus Selenka adalah salah satu echinodermata yang memiliki kulit kasar dan tubuh yang memanjang. Seperti semua echinodermata lainnya, timun laut ini juga memiliki endoskeleton di bawah kulitnya. Timun laut memainkan peranan yang sangat penting dalam ekosistem laut karena akan membantu mendaur ulang nutrisi dan menghancurkan detritus.

Tapi, tahukah anda bahwa teripang juga bisa dijadikan makanan? Di China, orang menyajikannya sebagai makanan dengan berbagai resep. Padahal, selain dibuat sebagai masakan atau olah makanan lainnya, ternyata teripang juga memiliki manfaat dan khasiat yang jauh lebih nyata dalam membantu mengatasi masalah berbagai macam penyakit.

12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang

12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang

Cegah Pembekuan Darah

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Brasil mengenai teripang yang dipublikasikan di Journal of Biological Chemistry. Ia menemukan bahwa teripang mengandung aktivitas anti koagulan berasal dari kondroitin sulfat yang akan mencegah penggumpalan darah.

Jika kita membiarkannya tidak diobati, pembekuan darah bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena akan menyebabkan emboli paru, suatu kondisi dimana bekuan darah terakumulasi di paru-paru dan dengan demikian, akan membatasi aliran darah yang sangat fatal.

Penyembuhan Luka

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi timun laut dan ekstraknya dapat mempercepat penyembuhan luka Anda. Ketimun laut dikenal luas karena kemampuannya untuk menumbuhkan jaringan tubuhnya sendiri saat terluka dan beberapa penelitian percaya bahwa keuntungan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia jika mereka mengkonsumsi timun laut.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh bukti “Marine Drug” bahwa asam arachnodic yang terkandung dalam teripang adalah salah satu senyawa yang memiliki tanggung jawab untuk mempercepat penyembuhan luka.

Asupan Protein Tinggi

Echinoderm ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan protein Anda dan beberapa penelitian telah membuktikannya. Sebuah penelitian tentang teripang yang dilakukan oleh Direktur Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan bahwa protein yang terkandung di teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya, kecuali putih telur.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular.

Mencegah Arthritis

Beberapa penelitian juga percaya bahwa teripang dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan arthritis dan nyeri sendi. Berkat senyawa yang disebut chondroitin sulfate. Kondroitin sulfat ini adalah salah satu komponen terpenting dalam tulang rawan.

Bila Anda memiliki masalah dengan asupan jumlah kondroitin sulfat dalam tubuh, Anda akan cenderung menderita penyakit yang berhubungan dengan arthritis dan nyeri sendi. Sebuah studi yang dilakukan oleh H.Benedikt, D.C juga membuktikan bahwa Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi teripang untuk mengurangi nyeri sendi dan artritis.

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan China yang dipublikasikan dalam “Cancer, Biology, and Therapy” membuktikan bahwa teripang mengandung senyawa yang disebut philipnoside E. yang sangat bermanfaat untuk menghambat terbentuknya pembuluh darah yang mengangkut nutrisi ke tumor.

Dengan demikian, aktivitas ini akan mencegah pertumbuhan tumor di tubuh Anda. Selain itu, teripang mengandung senyawa yang disebut triterpen glikosida. Senyawa ini akan sangat bermanfaat untuk merangsang aktivitas antitumor.

Senyawa Anti-mikroba

Ada penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Jawahar. Penelitian tersebut menemukan bahwa kecuali Lactobacillus sp, bakteri jenis lain seperti Escerichia coli, Aeromonas hydrophilia, Pseudomonas aeruginosa, dan lain-lain sangat sensitif terhadap ekstrak timun laut. Penelitian tersebut membuktikan bahwa sapogennin steroid sangat ampuh untuk membunuh aktivitas bakteri.

Manfaat lainnya

Senyawa Antiviral

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh periset yang disebut Maier, menunjukkan bahwa glikosida triterpen memiliki aktivitas antiviral yang sangat baik terhadap virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Juga sulfat kondroitin yang terkandung dalam teripang dapat menghambat infeksi human immunodeficiency virus (HIV), yang membuat teripang ini adalah makanan yang sempurna untuk dikonsumsi jika Anda ingin mengurangi gejala HIV AIDS. Dan jika Anda ingin melindungi diri dari HIV, Anda perlu mengkonsumsi makanan alami ini sesegera mungkin.

Aktivitas Anti-Inflamasi

Teripang juga dikenal luas karena aktivitas anti inflamasinya, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan arthritis, misalnya. Senyawa yang disebut glucosamine, mucopolysaccharides, dan chondroitin yang terkandung dalam teripang adalah senyawa terpenting yang bertanggung jawab untuk menghambat peradangan, dengan demikian, akan mengurangi rasa sakit pada pasien dari penyakit seperti arthritis.

Sifat antioksidan

Timun laut ternyata menjadi salah satu dari sedikit organisme laut yang mengandung antioksidan yang berharga. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa teripang mengandung jumlah antioksidan tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zeng, seorang ilmuwan dari China, menyatakan bahwa teripang mengandung gelatin hyrosylates. Senyawa ini terbukti sangat ampuh untuk melawan radikal anion superoksida dalam kadar yang signifikan.

Anti Kelelahan dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Polipeptida yang terkandung dalam teripang adalah senyawa yang memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, terungkap bahwa cairan oral yang terkandung dalam teripang bisa memperbaiki stamina dan energi. Penelitian tersebut telah membuktikan bahwa cairan oral yang terkandung dalam teripang bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina pada manusia.

Menyembuhkan Penyakit Gusi

Meski manfaat teripang ini masih perlu penelitian dan percobaan lebih lanjut, namun beberapa ahli mengatakan bahwa ekstrak teripang bisa digunakan dalam bentuk pasta gigi. Pasta gigi ekstrak teripang mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang menderita penyakit gusi. Pasta gigi timun ini diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit gusi akibat sifat penyembuhan anti-inflamasi, antibakteri, dan penyembuhan luka.

Senyawa Anti-Trombotik

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti bernama Zarcan dan Mourao membuktikan bahwa timun laut mengandung polisakarida sulfat yang unik, yang akan sangat menghambat P-dan L-selectin. Ada juga hasil sebuah penelitian yang menyatakan bahwa timun mentimun menghasilkan fragmen depolimerisasi (DHG) adalah sumber antitrombotik yang esensial.

12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang 12 Jenis Penyakit Ini Dapat Disembuhkan Oleh Teripang

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>