Bahaya Penularan Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan pada saluran napas (bronkus) yang dapat mengakibatkan batuk dan sesak napas. Bronkitis merupakan penyakit yang dapat menular, yaitu pada bronkitis level akut. Penularan bronkitis akut sama seperti penularan virus flu, yaitu melalui droplet (partikel air kecil, seperti hujan rintik) dari bersin-bersin, menyisih hidung, batuk-batuk.

Bahaya Penularan Bronkitis

Bahaya Penularan Bronkitis

Bronkitis merupakan pembengkakkan pada pembuluh bronkial atau dikenal dengan saluran pernapasan. Saluran pernapasan ini merupakan pipa udara yang berhubungan langsung dengan paru-paru. Bronkitis terjadi ketika ada iritasi dalam pembuluh bronkial, yang akan terbentuk lendir kental yang kemudian menyumbat saluran pernapasan.

Bronkitis terbagi menjadi 2 tipe yaitu akut dan kronis. Bronkitis akut merupakan penyakit yang terjadi dalam jangka waktu pendek. Biasanya disebabkan karena demam yang tinggi, tetapi seringkali juga disebabkan oleh infeksi virus.

Bronkitis akut timbul karena flu atau infeksi lain pada saluran napas dan dapt membaik dalam beberapa hari atau beberapa pekan. Sedangkan, bronkitis kronis yang merupakan iritasi atau radang menetap pada saluran napas harus ditangani dengan lebih serius. seringa kali, bronkitis kronis disebabkan karena rokok

Cara mengobatinya Penyakit bronkitis dilakukan dengan menyuntikkan vaksin influenza. Pengobatan ini biasanya dilakukan untuk mencegah dari terjadinya infeksi pada bagian dada dan paru­paru di musim dingin Namun, tentu saja hal ini merupakan hal yang baik dengan cara menyuntikkan vaksin pada pasien sebelum penyakit bronkitis kambuh lagi.

Berikut ini beberapa penyebab penyakit bronkitis :

  • Merokok

Selain karena virus, penyakit bronkitis juga bisa disebabkan karena merokok, kandungan nikotin yang ada di rokok terdapat efek samping yang bisa meningkatkan resiko seseorang yang pecandu rokok untuk menderita penyakit bronkitis.

  • Polusi Udara

Polusi udara yang kotor tidak hanya saja tidak baik untuk dihirup tetapi polusi udara juga merupakan penyebab yang bisa meningkatkan resiko untuk menderita penyakit bronkitis.

  • Virus

Seperti yang sudah anda ketahui kalau salah satu penyebab terjadinya penyakit bronkitis adalah disebabkan karena virus dan biasanya penyakit yang disebabkan karena virus perlu waktu yang lumayan lama untuk menyembuhkannya.

  • Sulfur dioksida dan polutan lainnya

Nah apabila seseorang yang sudah menderita penyakit bronkitis terkena penyebab yang satu ini maka biasanya kondisi bronkitis mereka akan tambah parah.

Penyakit bronkitis yang disebabkan virus dapat sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang baik, hanya kadang-kadang bronkitis dapat menimbulkan komplikasi seperti radang paru (pneumonia) yang membutuhkan antibiotik. Bronkitis yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan di paru-paru, disebut PPOK, penyakit paru obstruksi kronis.

Pada bronkitis biasanya disebabkan oleh adanya kuman atau basil, tidak ada unsur alergi dari si penderita. Sementara itu, penyebab bronkitis lebih banyak dipengaruhi oleh sifat alergi si penderita. Biasanya faktor keturunan juga berpengaruh pada penderita bronkitis kronis. Secara umum, bronkitis dibagi menjadi 2 jenis yaitu, bronkitis akut dan bronkitis kronis.

Jika Anda mengalami gejala bronkitis akut, cucilan tangan secara teratur dan usahakan tangan tidak menyentuh mata, hidung, mulut. Usahakan tidak dekat-dekat dengan orang sekitar saat sedang terkena, terutama yang memiliki daya tahan tubuh lemah, yaitu anak dan lansia. Konsumsilah air putih yang cukup serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, hindari merokok dan asap rokok serta polusi, dan cucilah tangan secara teratur.

Bahaya lainnya

Bronkitis banyak diartikan oleh masyarakat umum sebagai penyakit sesak napas akut terutama bagi mereka yang aktif dalam rokok. Mereka yang menderita bronkitis umumnya akan menunjukkan gejala umum seperti :

  1. Batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
  2. Gangguan penglihatan
  3. Mudah lelah
  4. sesak napas ketika melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas ringan
  5. Napas berat
  6. Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
  7. Sakit kepala
  8. Pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan tungkai kaki kiri dan kanan
  9. Wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
  10. Pipi tampak kemerahan

Cara menghindari risiko penyebaran bronkitis secara penuh adalah dengan menyembuhkannya. Antibiotik tidak dapat dianggap sebagai cara efektif untuk mengobati bronkitis akut karena bronkitis tersebut disebabkan oleh infeksi virus.

Hanya dengan istirahat yang cukup dan meminum banyak air dan obat batuk generik sangat dianjurkan sebagai pengobatan yang efektif untuk bronkitis akut. Antibiotik hanya akan diresepkan oleh dokter ketika ada tanda-tanda infeksi bakteri, yang kemudian difungsikan untuk mengurangi risiko infeksi selanjutnya.

Penyakit bronkitis yang diderita oleh seseorang pasien, pada umumnya disebabkan oleh kesalahan si pasien itu sendiri yang menjalani pola hidup yang kurang baik, yang mana sebagai waktunya terkadang dihabiskan untuk menghisap rokok. Kepulan dari asap rokok yang dihisap oleh mulut inilah, sebagian akan masuk kedalam paru-paru dan akan mulai menuai gangguan kesehatan yang akan cukup serius.

Komplikasi Yang Mungkin Terjadi

Komplikasi bronkitis yang paling umum terjadi adalah pneumonia. Komplikasi ini terjadi ketika infeksi menyebar lebih jauh ke dalam paru-paru. Infeksi ini menyebabkan kantong udara dalam paru-paru terisi dengan cairan. Sekitar 5 persen kasus bronkitis berujung pada pneumonia.

Orang yang lebih rentan terkena pneumonia, seperti orang tua, perokok, dan orang yang dalam kondisi sakit, mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terjadinya pneumonia.

Beberapa anjuran untuk mengurangi gejala bronkitis ialah:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum air putih 2L/hari
  • Hindari/kurangi merokok dan alkohol
  • Cuci tangan secara teratur.
  • Hindari faktor-faktor pencetus seperti debu, polusi udara pabrik/lalu lintas
  • Penggunaan masker wajah bagi orang-orang yang beresiko terpapar pajanan seperti pekerja bangunan/pabrikan.

BY : www.walatragamatemaskapsul.co.id

 

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>