Bahaya Saluran Cerna Tersumbat

Bahaya Saluran Cerna Tersumbat – Penyumbatan dapat terjadi di mana saja di sepanjang usus. Bagian usus di sebelah atas penyumbatan tetap berfungsi. Pengisian dengan makanan, cairan, sekresi enzim pencernaan dan gas, akan menyebabkan pembengkakan. Suatu Penyumbatan Mekanis Pada Usus merupakan penyumbatan yang sama sekali menutup atau mengganggu jalannya isi usus.

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan bertugas menerima makanan, mencerna atau memecahnya menjadi nutrisi yang bisa diserap untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah.

Bahaya Saluran Cerna Tersumbat

Bahaya Saluran Cerna Tersumbat

Pembengkakan atau jaringan yang meradang di sekitar ulkus atau jaringan parut karena ulkus sebelumnya, bisa mempersempit lubang di ujung lambung atau mempersempit duodenum. Penderita akan mengalami muntah berulang, dan seringkali memuntahkan sejumlah besar makanan yang dimakan beberapa jam sebelumnya.

Gejala lainnya adalah rasa penuh di perut, perut kembung dan berkurangnya nafsu makan.Lama-lama muntah bisa menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral tubuh. Mengatasi ulkus bisa mengurangi penyumbatan, tetapi penyumbatan yang berat memerlukan tindakan endoskopik atu pembedahan.

Gejala penyumbatan usus

  • Mengalami gagal tumbuh
  • Berkurangnya rasa ingin makan (nafsu makan berkurang)
  • Rektum yang kosong melalui perabaan jari tangan
  • Kolon / usus yang teraba
  • Dan tejadi hipoalbuminemia.
  • Konstipasi (sulit buang air besar)

Penyumbatan usus ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pada orang dewasa tua maupun muda . Bahaya dari penyakit ini sendiri adalah dapat menyebabkan usus menjadi bocor.

Gejala penyumbatan usus meliputi nyeri kram pada perut, disertai kembung. Nyerinya bisa berat dan menetap. Muntah lebih sering terjadi pada penyumbatan di usus besar. Penyumbatan total menyebabkan sembelit yang parah, sementara penyumbatan sebagian menyebabkan diare. Demam sering terjadi, terutama bila dinding usus mengalami perforasi. Perforasi dengan cepat dapat menyebabkan peradangan dan infeksi yang berat serta menyebabkan syok.

Jika anak anda mulai mengalami beberapa gejala seperti diatas , saya sarankan untuk anda segera memberikannya pengobatan sedini mungkin, guna mencegah munculnya penyakit serius yang ditimbulkan dari gejala-gejala tersebut .

Penyebabnya

Penyebab makanan bisa terkontaminasi di antaranya karena tidak dimasak dengan baik, melewati batas kedaluwarsa, tersentuh tangan yang kotor atau tangan seseorang yang membawa virus dan/atau bakteri, terlalu lama disimpan dalam suhu yang hangat dan tidak dibekukan dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Selain itu, makanan yang dimasak kembali secara tidak sempurna atau makanan yang terkontaminasi makanan basi (karena disimpan bersamaan) juga bisa menyebabkan keracunan makanan.

Macam-macam jenis gangguan pencernaan

  • Refluks gastroesofagus

Refluks gastroesofagus (penyakit asam lambung) atau dikenal juga sebagai GERD merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan akibat cincin otot esofagus tidak dapat menutup secara baik. Risiko tinggi terkena GERD biasanya terjadi pada orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan tinggi lemak dan yang kelebihan berat badan. Selain itu, wanita hamil juga berisiko tinggi terkena GERD.

  • Keracunan makanan

Keracunan makanan adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami mual, nyeri perut, muntah, kehilangan nafsu makan, diare, demam, lemas, dan nyeri otot akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, misalnya oleh virus norovirus atau bakteri E. coli dan salmonella.

Disarankan juga untuk segera menemui dokter jika keracunan makanan dialami oleh wanita hamil, bayi dan balita, orang-orang berusia di atas 60 tahun, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, penderita diabetes, serta penyakit ginjal.

  • Penyakit batu empedu

Penyakit batu empedu merupakan peradangan kantong empedu atau penyumbatan saluran empedu karena adanya batu yang berasal dari pengkristalan kolesterol.Batu tersebut terbentuk akibat ketidakseimbangan kimia di dalam kandung empedu.

Batu empedu yang tidak menimbulkan gejala tidak perlu diobati. Sebaliknya diagnosis dan pengobatan harus dilakukan jika gejala sudah terasa cukup mengganggu. batu empedu dapat didiagnosis dengan pemindaian USG. Untuk pengobatannya, metode yang direkomendasikan adalah dengan operasi pengangkatan kantong empedu melalui operasi laparoskopi. Selain sederhana, prosedur ini juga terbukti minim risiko terjadinya komplikasi.

  • Penyakit usus buntu

Penyakit usus buntu adalah peradangan dan pembengkakan yang terjadi di dalam usus buntu, yaitu suatu organ berbentuk kantung dan seukuran jari, yang terhubung dengan usus besar. Nyeri usus buntu biasanya semakin terasa apabila penderitanya berjalan, batuk, atau mencoba menekan area yang sakit. Gejala lainnya yang bisa mengiringi adalah mual, hilang nafsu makan, dan diare.

  • Wasir

Wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar atau di dalam anus. Seseorang yang menderita wasir biasanya mengalami gejala seperti adanya benjolan yang menggantung di luar anus, rasa gatal pada anus, dan pendarahan setiap selesai buang air besar.

PENGOBATAN

Umumnya penderita obstruksi usus parsial tidak perlu menjalani operasi. Dokter biasanya hanya akan merekomendasikan makanan-makanan khusus berserat rendah agar bisa dicerna dengan mudah oleh penderita. Penderita diharuskan untuk terus mengonsumsi makanan tersebut sampai obstruksi usus parsial sembuh dengan sendirinya. Jika kondisi ini tidak kunjung membaik, maka dokter kemungkinan akan menyarankan operasi.

Penderita penyumbatan usus harus dirawat di rumah sakit. Biasanya, selang kecil yang panjang dimasukan melalui hidung menuju ke lambung atau usus. Bahan-bahan yang terkumpul di atas penyumbatan akan dihisap melalui selang ini. Cairan dan elektrolit (natrium dan kalium) diberikan melalui infus untuk menggantikan air dan garam yang dikeluarkan melalui muntahan atau diar. Tetapi yang paling sering dilakukan adalah pembedahan sesegera mungkin. Selama pembedahan, bagian usus yang tersumbat diangkat dan bagian yang tertinggal disambungkan satu sama lain.

BY : www.walatragamatemaskapsul.co.id

Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat Bahaya Saluran Cerna Tersumbat

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>