Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker

Teripang sebenarnya adalah hewan laut yang memiliki tubuh lembut dengan bentuk dan tekstur seperti mentimun, itu sebabnya kenapa banyak orang mengenal teripang sebagai mentimun laut. Ada lebih dari 1.000 spesies teripang yang ukurannya berkisar dari satu inci bahkan lebih.

Teripang emas

Teripang ditemukan di semua samudra, terutama di India dan Pasifik barat. Anda pasti ingin tahu sedikit info tentang teripang. Mereka adalah makhluk laut yang tinggal di bawah tanah yang memakan sampah organik di dasar lautan. Meski tampaknya sama sekali tidak biasa, mereka telah mengembangkan mekanisme pertahanan yang sangat menarik, pada dasarnya mereka mengeluarkan seluruh bagian (organ dan semua) untuk melepaskan diri dari predator.

Setelah menghindari pemangsa, jika bagian tubuh mereka mengalami kerusakan atau membusuk, maka teripang dapat meregenerasi seluruh bagian tubuh mereka dalam beberapa bulan. Mungkin inilah petunjuk mengapa teripang mengandung zat sehat yang bisa bermanfaat bagi manusia.

Manfaat umum teripang

Teripang, seekor binatang yang ditemukan di dasar lautan, telah digunakan dalam masakan Cina selama berabad-abad, bahkan sebagai afrodisiak. Tapi juga diketahui mengobati berbagai macam penyakit, termasuk jenis kanker tertentu. Karena mengandung anti-virus dan anti bakteri yang sangat tinggi, itu alasanya teripang telah digunakan untuk mengobati penyakit gingivitis dan gusi.

Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker

Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker

Tim peneliti Chicago menyelidiki efek teripang pada pencegahan kanker. Mereka mempelajari penghambatan pertumbuhan dan kematian pada sel pankreas manusia. Periset menemukan bahwa timun laut menghentikan sel kanker untuk menyebar dan mengaktifkan proses yang membunuh sel dan ini terjadi dalam kurun lima menit bagian sel yang terpapar ekstraknya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak timun laut menyebabkan penangkapan sel siklus dan apoptosis (kematian sel) yaitu pada sel pankreas manusia. Mereka merekomendasikan bahwa, karena ekstrak teripang dapat dimakan dan tidak beracun, ini mungkin bermanfaat untuk terapi nutrisi atau pencegahan kanker pankreas.

Teripang, seperti semua hewan lainnya, terdiri dari ribuan bahan kimia, jadi ramuan yang tepat dari suplemen kemungkinan akan bervariasi antara produk. Jika Anda alergi terhadap makanan laut, Anda mungkin ingin menghindari teripang.

Studi terbaru ini, yang diterbitkan di PLoS One, telah mengkonfirmasi seberapa kuat frondosida A sebenarnya. Periset menemukannya membunuh 95% sel kanker payudara + ER, 95% sel kanker hati, 90% sel melanoma, dan 85-88% dari tiga jenis kanker paru-paru.

Seperti dilansir Ethan Evers, penulis “The Eden Prescription, penelitian sebelumnya tentang teripang telah menunjukkan kemampuannya untuk membunuh sel kanker paru-paru, payudara, prostat, kulit, usus besar, pankreas, dan hati.

Ekstrak ini juga terbukti efektif dalam membunuh sel leukemia dan gioblastoma. Sepertinya kita bisa menambahkan makanan lain ke daftar makanan anti kanker. Para ilmuwan percaya senyawa kunci yang dikenal sebagai frondoside A untuk bertanggung jawab. Frondosida A adalah triterpenoid, senyawa organik beragam yang ditemukan pada minyak esensial dan oleoresin tanaman.

Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker

Tapi manfaat senyawa ini tidak hanya berhenti secara langsung menginduksi kematian sel terprogram (apoptosis). Hal ini juga menghambat angiogenesis (kemampuan tumor untuk menumbuhkan pembuluh darah baru untuk mendapatkan makanan mereka) dan menghentikan kanker yang bermetastasis dengan menghambat migrasi dan invasi sel.

Yang lebih menggelitik adalah kemampuan frondoside A untuk mengaktifkan sel pembunuh alami sistem kekebalan tubuh kita untuk menyerang sel kanker. Ini telah ditunjukkan untuk kanker payudara pada khususnya tetapi mungkin juga berlaku untuk semua jenis kanker, karena melibatkan sistem kekebalan tubuh dan bukan sel kanker secara langsung.

Penelitian lain

Ini sebagian dapat menjelaskan mengapa Frondosida A sangat efektif dalam mengecilkan tumor paru pada tikus sehingga meniru obat kemo dalam kinerjanya. Saat diberikan pada tikus dengan kanker paru-paru sel non-kecil, frondosida A ditemukan untuk mengecilkan tumor hingga 40% hanya dalam 10 hari.

Obat kemoterapi tradisional mengurangi tumor hingga 47 persen, namun risiko pengobatan kemoterapi jauh lebih besar daripada efek samping atau risiko timun laut. (Yaitu karena tidak ada risiko yang diketahui terkait dengan teripang).

Selain itu, jumlah frondosida A yang dibutuhkan untuk mencapai hasil tersebut sangat kecil-kurang dari satu miligram untuk orang dewasa dengan berat 165 kilogram.

Sementara ekstrak teripang saat ini tidak ditawarkan sebagai pengobatan untuk kanker setidaknya tidak di kantor dokter tradisional Anda – Anda dapat menemukan mentimun laut kering dan bubuk di toko kesehatan. Ini dikemas sebagai solusi untuk arthritis dan kondisi serupa karena sifat anti-inflamasinya.

Olahan makanan terkenal dari teripang

Teripang telah digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ratusan tahun, namun jumlahnya relatif tidak jelas di A.S. Ini mungkin akan segera berubah, namun, karena bukti menunjukkan bahwa ekstrak teripang dapat membunuh sel kanker sambil merangsang sistem kekebalan tubuh.

Teripang dapat dimasak dan dimakan, seperti yang dilakukan orang Cina, atau dikeringkan, dijadikan bubuk dan dikemas dalam kapsul untuk dikonsumsi dalam bentuk pil.

Di Asia, teripang dianggap makanan lezat dan merupakan bagian rutin dari banyak makanan orang. Mereka digunakan dalam hidangan gourmet yang disebut “beche-de-mer.” Spesies lain dikumpulkan dan digunakan dalam masakan populer Jepang yang disebut “namako.”

Anda bisa menemukan ekstrak teripang dalam bentuk suplemen makanan. Bisa saja sendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain (biasanya dalam suplemen yang dipromosikan untuk kesehatan sendi). Suplemen mengandung timah, timun laut kering diolah ke dalam bentuk tablet.

Teripang, yang sudah lama digunakan dalam Pengobatan Tradisional China, tidak begitu dikenal dalam pengobatan Barat, meskipun telah dipelajari selama 15 tahun terakhir, karena kebanyakan ahli onkologi menggunakan kemoterapi, radiasi, dan terapi sebagai pengobatan kanker primer mereka.

Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker Bukti Ilmiah Teripang Dapat Bunuh Pertumbuhan Sel Kanker

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>