Manfaat Teripang Untuk Menyembuhkan Luka

Teripang mengandung Chondroitin sulfate yang sangat tinggi. Dan studi baru menunjukkan bahwa ekstrak teripang laut ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker. Teripang mengandung banyak asam lemak yang sangat bagus untuk penyembuhan luka, asam lemak tersebut seperti palmitat, oleat, dan stearat, plus vitamin A, B dan kalsium dan zat besi.

Teripang bergerak lambat di dasar laut yang dangkal, memiliki ciri fisik seperti mentimun dan ada banyak jenis spesies nya. Salah satu spesies teripang laut yang paling terkenal adalah jenis teripang emas, disebut demikian karena memang warna tubuhnya kuning seperti emas. Teripang emas ini memiliki nama latin Golden Stichopus Variegatus.

Dalam pemanfaatannya untuk kesehatan, ada manfaat teripang laut untuk luka diabetes, hal ini karena kandungan teripang yang secara alami mampu menyembuhkan luka diabetes. Selain itu, teripang bukan hanya bermanfaat untuk luka diabetes saja, melainkan khasiat dan manfaat teripang emas untuk diabetes ini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes.

Manfaat teripang laut

Di Asia, teripang emas digunakan untuk mengobati masalah impotensi, ginjal dan masalah reproduksi lainnya, sedangkan di bagian wilayah negara tertentu sudah banyak digunakan dalam pembuatan kosmetik karena kualitas tinggi untuk menyehatkan kulit dikenal sangat tinggi.

Teripang laut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari putih telur dan penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dapat menyebabkan penurunan terhadap timbulnya resiko penyakit kardiovaskular. Teripang juga dikenal sebagai antibiotik dan anti inflamasi yang sangat baik.

Hewan laut yang banyak kita sebut sebagai timun laut ini memiliki beribu manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, salah satunya dapat menyembuhkan luka dengan cepat, baik itu luka dalam ataupun luka luar dari bagian tubuh kita. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi ekstrak teripang dapat mempercepat pemulihan terhadap luka yang di derita.

Penelitian mengenai teripang dapat menyembuhkan luka dengan cepat

Manfaat Teripang Untuk Menyembuhkan Luka

Penelitian eksperimental dilakukan untuk mengetahui dosis optimum ekstrak air Stichopus chloronotus pada penyembuhan luka pada model tikus. Serangkaian konsentrasi 0,1%, 0,5% dan 1% ekstrak air ekstrak pengemulsi yang dicampur dengan Stichopus chloronotus diaplikasikan satu kali sehari selama 10 hari pada model luka eksisi. Perubahan di daerah luka diukur dengan menggunakan caliper dan foto diambil pada hari ke 1, 3, 6, 8 dan 10 setelah pembuatan luka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pengurangan luka dan pengamatan makroskopik ekstrak air berair 0,5% Kelompok campuran salep pengemulsi Stichopus chloronotus secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok lainnya dari hari ke 6 setelah pembuatan luka. Sebagai kesimpulan, ekstrak air ekstrak kuman pengisap Stichopus chloronotus 0,5% mengandung dosis terbaik untuk penyembuhan luka pada model tikus.

Para ilmuwan melakukan pengamatan selama periode penyembuhan empat minggu dan menemukan bahwa teripang sembuh dengan cepat setelah menerima potongan 3 sampai 5 milimeter di sepanjang dinding tubuh. Proses perbaikan melibatkan sel khusus yang disebut sel morula yang berpindah ke lokasi cedera dan perbaikan penuh dicapai hanya dalam beberapa minggu.

Penelitian lain

Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang-orang dinegara maju seperti Amerika Serikat kemungkinan dapat mengurangi risiko terhadap timbulnya penyakit kardiovaskular dengan cara meningkatkan asupan protein, terutama jika protein tersebut dapat menggantikan asupan karbohidrat olahan dalam diet kita. Sebenarnya manfaat dari teripang ini tidak hanya dapat memulihkan kembali luka dengan cepat saja, akan tetapi beribu manfaat dari teripang ini dapat kita dapatkan dan dapat mempercepat penyembuhan suatu penyakit.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti José San Miguel-Ruiz dan José García-Arrarás, di University of Puerto Rico. “Teripang harus dipandang sebagai regenerasi jaringan yang setara dengan cumi untuk pengetahuan kita tentang saraf dan Drosophila untuk gen dan genom. Mereka dapat membantu kita belajar memperbaiki diri,”.

Di Malaysia, teripang juga dikenal sebagai Gamat. Di antara orang Melayu, Gamat sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit, mengobati luka dan luka bakar. Ini juga digunakan sebagai tonik untuk memberi energi ekstra. Stichopus chloronotus adalah salah satu jenis teripang yang ditemukan di Malaysia.

 

Manfaat Teripang Untuk Menyembuhkan Luka

Teripang dikenal sebagai herwan yang mampu mengembalikan kembali pertumbuhan organ mereka yang terputus atau membusuk. Penemuan bahwa Holothuria glaberrima menggunakan mekanisme selular yang serupa selama penyembuhan luka dan regenerasi organ memberi kita kesempatan untuk menemukan bagaimana memperbaiki luka kita sendiri dan menumbuhkan bagian tubuh.

Semua hewan memiliki semacam mekanisme perbaikan jaringan. Teripang, H. glaberrima, termasuk dalam kelompok hewan laut yang terkenal karena kemampuannya untuk beregenerasi, bersama dengan salamander axolotl, yang juga terkenal dengan pertumbuhan kembali tungkai yang hilang.

Penyembuhan otot, jaringan saraf dan dermal yang sesuai dengan yang diamati selama regenerasi usus meliputi remodeling matriks ekstraselular dan dediferensiasi sel otot. Meskipun semua hewan memiliki proses perbaikan luka, tidak semua meregenerasi bagian tubuh yang terluka atau hilang. Jadi tetap harus dilihat pada tingkat molekuler yang membatasi proses penyembuhan yang digunakan untuk regenerasi oleh semua hewan di semua jaringan.

Contohnya untuk luka diabetes

Untuk luka diabetes, kandungan teripang bermanfaat sebagai memperbarui sel yang telah mati. Luka diabetes membuat sel kulit dan sekitarnya menjadi mati dan membusuk akibat luka diabetes yang sulit sembuh, maka dengan kandungan teripang, luka tersebut akan sembuh, sebab sel yang mati akan diperbarui.

Kemudian luka diabetes tidak terkena infeksi, sebab kandungan teripang bermanfaat sebagai anti septik alami yang akan membunuh bakteri dan kuman pada luka. Luka pada penderita diabetes pun tidak akan terasa sakit lagi, karena kandungan anti inflamasi pada teripang, selain bermanfaat untuk mengatasi peradangan, tapi bermanfaat juga untuk meringankan rasa sakit pada luka.

 

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>